ALASAN SISWA RAMAI SAAT PELAJARAN

Sebenarnya setiap siswa memiliki rasa ingin tahu, tetapi kadar dan jenis keingintahuan mereka itu berbeda-beda. banyak diantara guru yang sering mengeluh karena pada saat jam pelajaran seorang siswa atau mungkin bersama kawan-kawannya tidak memperhatikan dan malah ramai sendiri. sebenarnya hal ini adalah kenakalan biasa bagi para remaja saat ini. hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor yang tidak dapat ditangani oleh seorang saja.
Banyak murid yang tidak kerasan berada didalam kelas karena faktor-faktor berikut:

1. suasana kelas yang kurang mendukung
misalnya banyak teman lainnya yang tidak sreg dengan pelajaran tersebut sehingga mengajak anak lain untuk ramai .
2.tidak menyukai mata pelajaran yang sedang dibahas.
tentunya setiap siswa memiliki mata pelajaran favorit dan mata pelajaran yang dibenci.
3.ketidakberanian murid pada guru.
banyak murid yang tidak pernah dikenal oleh guru karena murid tersebut tidak pernah aktif.
4.pengaruh lingkungan buruk yang mempengaruhi anak tersebut

diatas adalah beberapa hasil survey yang saya lakukan sendiri beberapa waktu lalu. tentu masalah diatas tidak hanya didiamkan saja. lalu apa solusinya? setiap masalah pasti ada pemecahannya bukan?

berikut ini beberapa pemecahan yang diinginkan para siswa tersebut:

1.sistem pendidikan buakn sistem romusa yang setiap anggotanya harus patuh pada ketuanya tetapi bila seorang guru menganggap murid sebagai anaknya sendiri maka tercipta hubungan keakraban yang harmonis.
2.karena semua perilaku berasal dari lingkungan hendaknya kita bisa menjaga diri dari lingkungan kita. kita tidak perlu merokok walaupun kita hidup dilingkungan yang menganggap roko itu hal biasa. begitu pula ketika disekolah kita tidak perlu ikut ramai meskipun teman kita ramai semua. masa depan kita, kita yang menentukan. bukan orang lain.
3.kebanyakan dari para siswa banyak yang tidak berani bertanya mengenai pelajaran pada guru karena takut ditertawakan temannya sehingga agar rasa ingin bicaranya tetap keluar dia akan menyampaikan dengan kata-kata lain. karena itu kita membutuhkan teman yang bisa berbagi ketika kita suka maupun duka.
4.usahakan menikmati setiap pelajaran yang diterangkan sehingga kita bisa lebih berkonsentrasi dan tidak mengganggu yang lain.

demikinlah beberapa hasil survey arek oi punya

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 コメント:

Puspita mengatakan...

Mungkin karena hanya terjadi komunikasi satu arah. Sehingga siswa takut bertanya pada guru. Jangan pula takut ditertawakan teman. Kalau tidak tahu ya bertanya. Malu bertanya sesat di jalan.

Bagus... bagus .... bagus.....!

dwi oktanto mengatakan...

ya iya to bu ntar klo semakin banyak siswa yang berani mengajukan pertanyaan saya yakin indonesia pasti akan lebih cepat berkembang

Posting Komentar