sekolah, mencari ilmu atau.......???????

Dengan menulis judul diatas saya menjadi teringat akan kata-kata guru saya beberapa tahun lalu ketika saya masih kelas IX smp.

Dulu guru saya pada saat hari pertama masuk tahun ajaran baru beliau bertanya kepada setiap anak di kelas tentang apa tujuan mereka sekolah. Dan mungkin dapat kita terka bahwa jawaban mereka adalah jawaban yang bermacam-macam. Misalnya " kita pergi kesekolah untuk belajar" , "kita pergi kesekolah untuk mencari ilmu" dsb. tapi ternyata dari semua jawaban yang diterima tidak satupun yang sesuai dengan pemahaman guru saya tersebut.ketika kami mengajukan jawaban diatas guru tersebut bertanya kembali bisakah kalian menunjukkan bentuk ilmu yang telah kalian cari itu, bagaimana warnanya, ukurannya,bentuknya? dan kalian disekolah itu belajar apa? lalu sayapun memberanikan bertanya" Lalu apa tujuan bapak sendiri ketika bapak masih sekolah". Beliau pun menjawab dengan tegas bahwa tujuannya sekolah bukanlah untuk mencari ilmu maupun belajar melainkan untuk " MEMPELAJARI ILMU" kemudian beliau menjelaskan kenapa kita tidak mencari ilmu disekolah. kita tahu ilmu itu ada tetapi apakah kita bisa menyentuhnya, mencarinya jawaban beliau adalah tidak ilmu tidak dapat dicari karena kita tidak tahu wujud dari ilmu itu seperti apa yang kita tahu hanyalah bahwa ini tulisan tentang ilmu MATEMATIKA, ini tentang IPA dsb.

Jadi dari cerita diatas dapat kita simpulkan bahwa ilmu itu tidak dapat dicari kemanapun karena ilmu itu sudah ada didepan mata dan hanya perlu kita pelajari.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 コメント:

Puspita mengatakan...

Mempelajari ilmu yang sudah ada, namun kita juga harus mencari ilmu yang cocok untuk kita pelajari lebih lanjut sesuai dengan bakat dan ketrampilan dasar yang kita miliki.

Namun sayang sekali budaya kita lebih condong ke sekolah mencari nilai dan ijasah. Akibatnya menumbuhkan jiwa pembelajar menjadi sulit. namun saya yakin suatu saat perilaku masyarakat akan berubah.

bagus Dwi, teruskan!. Ibu tunggu artikel berikutnya.

munirudin mengatakan...

memang ilmu itu sudah ada , kita tiggal tulis rumus dan mengerjakan. tapi kita juga harus menggali ilmu dari apa yang ada disekitar kita. kita harus berani menco ba sesuatu ya blom pernah ada seperti ilmuan yang menemukan bohlam.

Posting Komentar